Jumat, 23 April 2010

KIAT MEMILIH PERGURUAN TINGGI

Setelah pelaksanaan Uji Nasional (UN) dan saat ini merupakan saat yang menegangkan (bagi sebagian yang lain) karena menanti besok, Senin tanggal 26 April 2010. Apakah lulus atau …. Bila lulus maka Perguruan Tinggi mana yang dipilih… namun sebelumnya selamat kepada kamu yang sudah berhasil menyelesaikan pendidikannya di SMA/MAN dan sederajat. Namun bagi kamu yang masih harus menunggu karena batas nilai yang di peroleh belum mencukupi batas lulus, jangan murung dan kecewa (anggap saja ini adalah suatu cobaan dan tetap semangat).


Bagi kamu yang dinyatan lulus, ingat besok jangan mencoret-coret baju seragam sekolahnya ya… lebih bermanfaat bila di serahkan kepada mereka yang membutuhkan (karena tidak mampu secara ekonomi) dan tantangan berikut siap menghadangmu, untuk memilih perguruan tinggi. Berikut kita bahas Kiat memilih perguruan tinggi sehingga sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

1.MINAT
Faktor utama yang harus kamu ketahui adalah minat kamu sendiri. karena dengan meiliki minat kamu ke program studi, akan semakin memudahkan kamu dalam memilih perguruan tinggi dan yang lebih penting kamu akan mudah dan terpacu untuk menyelesaikan studimu.

2. BIAYA
Seringkali perguruan tinggi yang kita inginkan tidak sesuai dengan keadaan keuangan orang tua kita. Kuliah di Perguruan Tinggi satu dengan lainnya tidaklah sama mengenai biayanya, seperti biaya pendaftaran, biaya pendidikan, biaya praktikum, dan biaya-biaya lainnya. Belum lagi biaya mendadak seperti fotokopi, beli buku, ataupun transportasi. yang perlu juga dipertimbangkan adalah apabila kita kos karena faktor jarak.

3. PROSPEK MASA DEPAN
jurusan yang dipilih dipertimbangkan bagaimana prospeknya diamasa yang akan datang. percuma kan, kalau setelah lulus kamu nganggur? Untuk itu perlu di pertimbangkan dalam mencari perguruan tinggi yang menyiapkan program studinya ditempuh dalam waktu yang singkat dan lapangan kerja yang terbuka.

4. REPUTASI KAMPUS
Memilih perguruan tinggi tidak hanya karena terkenalnya saja. tetapi juga perlu diperhatikan reputasinya/ nama baiknya di dunia pendidikan dan didunia kerja. Dan reputasi kampus tidak terlepas dari kepiawaian pimpinan perguruan tinggi yang bersangkutan dalam menjalankan manajemen serta melakukan networking system dengan perguruan tinggi lainnya.

5. AKREDITASI PROGRAM STUDI
Pada tahun-tahun sebelumnya kamu kenal dengan status disamakan, diakui taupun terdaftar, sekarang ini ada yang dinamakan dengan status akreditasi. . Status ini diberikan untuk program studi yang diselenggaran dan bukan pada keseluruhan jurusan/program studi pada suatu perguruan tinggi. Status akreditasi ini menentukan kemandirian suatu program studi dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Biasanya dalam Penadftaran Calon Pegawai Negeri Sipil juga ditanya akreditasi prodi kampus. Saat ini akreditasi program studi dapat diusulan atau diminta melalui Badan akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) setahun sebelum meluluskan.

6. JALUR DAN JENJANG PENDIDIKAN
Saat ini banyak sekali program pendidikan dengan berbagai jangka waktu tempuh pendidikan. Di Indonesia, kita memiliki 2 jenjang jalur pendidikan yaitu jalur akademik (strata 1, 2, 3) serta jalur profesional (diploma 1, 2, 3). Jalur akademik menekankan pada penguasaan ilmu pengetahuan, sedangkan jalur profesional menekankan pada keahlian tertentu. Tapi ingat, kamu juga harus bisa membedakan antara jalur diploma yang diselenggarakan oleh suatu perguruan tinggi dan jalur diploma yang diselenggarakan oleh lembaga kursus. Biasanya lembaga kursus akan menjaring siswanya dengan mengiming-imingi kata-kata ''setara'' diploma 1, diploma 2 atau diploma 3. Pada kenyataannya sertifikat yang akan kita terima, tidak dapat digunakan untuk transfer/alih pendidikan diperguruan tinggi lain. Hal ini karena sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga kursus hingga saat ini belum diakui untuk dapat disetarakan dengan diploma dari perguruan tinggi.

7. FASILITAS PENDIDIKAN
Hati-hatilah dengan tampilan fisik. Gedung megah dan ber-AC saja tidak cukup untuk menjamin berlangsungnya proses belajar mengajar yang baik. Fasilitas utama yang harus kamu ketahui dalam suatu perguruan tinggi adalah seberapa baik dan bagusnya fasilitas seperti laboratorium (komputer, akuntansi, bahasa, dan lain-lain), studio dan perpustakaan yang dimilikinya.

8. LINK KE DUNIA KERJA
biasanya ada bursa khusus alumni kampus tertentu, jadi alumninya cukup datang ke kampus/ perusahaan yang menjalin hubungan dengan perguruan tinggi. jadi lebih mudah untuk proses memasuki dunia kerja.
9. WASPADA TERHADAP PERGURUAN TINGGI YANG TIDAK DI KETAHUI DAN MENAWARKAN KEMUDAHAN
Dengan terbukanya arus transportasi semakin meningkatkan arus barang dan jasa. Pada saat ini banyak tawaran dari perguruan tinggi (swasta) dalam dan luar Kalbar melalui leaflet, poster dan spanduk serta iklan di media masa (radio dan Koran) bahkan perguruan tinggi dari luar Kalbar membuka posko di Kabupaten/Kota di Kalbar dengan syarat mudah (tanpa seleksi dan pasti lulus). Tidak semua program studi dapat menampung sesuai keingianan pesertanya namun dengan syarat-syarat tertentu, contoh perguruan tinggi kesehatan seperti keperawatan, kebidanan lebih-lebih kedokteran melalui seleksi yang ketat (tidak buta warna, tidak juling, tinggi badan minimal 150 cm bagi putri, dll) disamping harus lulus uji tulis, uji kesehatan dan uji bakat dan minat melalui psikotest. Syarat-syarat diatas ada diantaranya tidak berlaku bagi program studi kesehatan masyarakat, analis kesehatan, kesehatan lingkungan, farmasi, kesehatan gigi, dan program studi gizi.
Untuk mengetahui keberadaan perguruan tinggi yang ada di Indonesia saat ini sangatlah mudah dengan fasilitas internet melalui website atau blogspot. Tinggal klik perguruan tinggi yang di tuju kamu sudah mendapatkan informasi profil dari perguruan tinggi yang di inginkan sehingga dengan demikian sekaligus dapat meningkatkan kewaspadaan kamu.

0 komentar:

Posting Komentar

Pages